Tugas Event Organizer

Mengomunikasikan Produk Baru Komunikasi sangat penting dalam kehidupan manusia. Demikian juga dengan mengomunikasikan suatu produk baru. Mengomunikasikan produk baru adalah hal yang paling penting dalam siklus penjualan suatu produk baru. Selain mengurangi angka kegagalan produk, juga memberikan informasi secara langsung tentang produk baru, serta berhasil tidaknya produk baru amat sangat tergantung pada proses pengkomunikasiannya. Ada banyak cara untuk mengomunikasikan produk baru, salah satunya adalah dengan cara promosi –launching atau peluncuran produk baru.

Kesuksesan suatu produk baru tergantung pada proses pengkomunikasiannya. Namun, tidak semua perusahaan dapat atau mampu merancang dan melaksanakan sendiri kegiatan promosi atau yang biasa disebut dengan launching product. Karena karyawannya tidak ada yang berkompeten dalam penyelenggaraan sebuah event, atau karena di dalam perusahaannya tidak terdapat departemen Publik Relation atau Humasnya, atau karena banyak alasan lain. Oleh karena itu, suatu perusahaan tersebut membutuhkan suatu tenaga profesional atau sebuah organisasi yang berkompetensi dalam bidang itu, salah satunya adalah yang biasa kita sebut dengan Event Organizer.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas Event Organizer dalam mengomunikasikan produk baru, khususnya dalam launching atau peluncuran produk baru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas Event Organizer sangat penting, sebagai pelaksana dan sebagai encoder acara grand launching Speedy. Dengan adanya Event Organizer, maka dapat mempermudah penyampaian pesan kepada komunikan. Pesan (Speedy) di kemas dengan mengadakan acara yang apik sehingga menarik banyak pengunjung. Dengan banyaknya respon berupa keinginan dan tindakan untuk menggunakan produk Speedy dari para pengunjung maka acara tersebut berhasil, dan artinya pesan yang disampaikan oleh komunikator telah diterima dengan baik dan direspon.

sumber: http://eprints.umm.ac.id/8597/

No comments:

Post a Comment

Post a Comment