Mengomunikasikan Produk Baru Komunikasi sangat penting dalam kehidupan
manusia. Demikian juga dengan mengomunikasikan suatu produk baru.
Mengomunikasikan produk baru adalah hal yang paling penting dalam siklus
penjualan suatu produk baru. Selain mengurangi angka kegagalan produk,
juga memberikan informasi secara langsung
tentang produk baru, serta berhasil tidaknya produk baru amat sangat
tergantung pada proses pengkomunikasiannya. Ada banyak cara untuk
mengomunikasikan produk baru, salah satunya adalah dengan cara promosi
–launching atau
peluncuran produk baru.
Kesuksesan suatu produk baru tergantung pada
proses pengkomunikasiannya. Namun, tidak semua perusahaan dapat atau
mampu merancang dan melaksanakan sendiri kegiatan promosi atau yang
biasa disebut dengan launching product. Karena karyawannya tidak ada
yang berkompeten dalam penyelenggaraan sebuah event, atau karena di
dalam perusahaannya tidak terdapat
departemen Publik Relation atau Humasnya, atau karena banyak alasan
lain. Oleh karena itu, suatu perusahaan tersebut membutuhkan suatu
tenaga profesional atau
sebuah organisasi yang berkompetensi dalam bidang itu, salah satunya
adalah yang biasa kita sebut dengan Event Organizer.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tugas Event Organizer
dalam mengomunikasikan produk baru, khususnya dalam launching atau
peluncuran produk baru. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tugas Event Organizer sangat
penting, sebagai pelaksana dan sebagai encoder acara grand launching
Speedy. Dengan adanya Event Organizer, maka dapat mempermudah
penyampaian pesan kepada komunikan. Pesan (Speedy) di kemas dengan
mengadakan acara yang apik sehingga menarik banyak pengunjung. Dengan
banyaknya respon berupa keinginan dan tindakan untuk menggunakan produk
Speedy dari para pengunjung maka acara tersebut berhasil, dan artinya
pesan yang disampaikan oleh komunikator telah diterima dengan baik dan
direspon.
sumber: http://eprints.umm.ac.id/8597/
No comments:
Post a Comment