Event Organizer sudah berkembang pesat di Indonesia khususnya Jakarta
dan kota-kota besar lainnya, dari yang bergerak di bidang pertunjukan
musik, pameran produk (mobil, komputer, handycraft), sampai wedding pun
tersedia. Event Organizer sangat membantu
pihak-pihak yang berminat
mengadakan event seperti launching product, company gathering,
anniversary, exhibitions, seminar, promosi, talkshow dan sebagainya,
dari tahap persiapan sampai dengan event berjalan lancar dengan baik,
artikel ini bertujuan memberikan sharing sejauh mana perkembangan Event
Organizer di Indonesia khususunya Jakarta dan kota besar lainnya,
kemampuan dasar apa supaya sukses menjadi EO dan memuaskan para kliennya
dan apa saja yang kita akan dapatkan dengan menggeluti profesi EO.
Selengkapnya paparan singkatnya sebagai berikut.
Fungsi EO dalam
mekanisme sebuah penyelenggaraan event-event yang mengkoordinasi,
melayani, men-support kepentingan para pihak. Misalnya Trainer, Trainee,
Vendor Training, transportasi dll, media massa, serta pihak-pihak
terkait lainnya. Perannya sangat penting melalui peran Event Organizer,
anda tidak perlu pusing untuk sebuah event karena anda harus fokus dalam
melaksanakan tugas pokok anda misalnya: training, seminar, workshop,
raker/rakernas dll.
Pertanyaannya, mengapa belum banyak yang bergelut
di profesi Event Organizer ini? Setelah ditelusuri ternyata biasanya
suatu lembaga atau perusahaan bahkan seorang trainer independent
kondang, sudah memiliki EO sendiri. Fungsi EO memang bisa dipercayakan
pada 2 atau 4 orang saja dengan pembidangan tugas masing-masing, tidak
jarang banyak pula hanya memiliki satu orang untuk menangani semua aspek
pekerjaan (multi tasking). Jadi sangat jarang lembaga atau trainer
kondang tersebut mensubkan lagi tugas ini ke EO, tetapi apakah era ke
depan semua bisa ditangani sendiri?.
Memang biasanya pihak hotel
sudah siap dengan segala perlengkapan yang dibutuhkan atau pelayanan
SDM, tapi benarkah sesederhana itu?
Ternyata tidak. Karena
bagaimanapun untuk memiliki nilai lebih bagi customer, seorang yang
berprofesi sebagai EO ada prasyarat basic kemampuan yang harus dikuasai,
dengan makin luasnya ruang lingkup dan kompleksitas pekerjaan yang
ditangani maka kemampuan yang dibutuhkan juga semakin berkembang,
misalnya networking, lobbying, negosiasi, presentasi, leadership dll.
Seputar Event Organizer
Bersamaan
dengan maraknya Event Organizer (EO) di berbagai daerah, secara alamiah
terjadi segmentasi EO. Ada EO yang mengkhususkan diri pada acara
anak-anak, ada pula yang menjadi spesialis dalam acara pernikahan atau
kegiatan korporasi.
Tapi sebenarnya apa sih Event
Organizer atau yang sering disebut EO itu? Event Organizer (EO) adalah
sebuah jasa yang bertujuan untuk mempermudah orang menyelenggarakan
sebuah acara agar ter-organize dengan baik dan lancar. Tapi nyatanya
banyak yang hanya ikut-ikutan karena usaha tersebut pada saat ini
memberikan keuntungan yang besar.
Q : Bagaimana melihat kemampuan sebuah Event Organizer ?
A
: Salah satu yang bisa dilihat adalah kemampuan Event Organizer
mengantisipasi hal-hal yang sulit yang kadang tak terduga. Misalnya
urusan transportasi, hotel peserta bahkan kekurangan makan yang mungkin
sebelumnya tidak terpikirkan.
Q : Apakah segmentasi dibutuhkan dalam sebuah Event Organizer ?
A
: Sebenarnya segmentasi itu tidak ada gunanya kalau Event Organizer
tidak dikelola dengan benar. Butuh kesungguhan dan proses waktu terlebih
dahulu. Apabila akhirnya memiliki sebuah "nama" di pasaran, segmentasi
pun dapat dilakukan. Berarti tidak ada masalah kalau kita kemudian ingin
memasuki event - event lain ketika kita sudah punya nama karena yang
dilihat nanti adalah dampak dari upayanya. Di dalam konteks bisnis yang
cukup kompleks seperti sekarang ini, orang dianjurkan untuk
ter-spesialisasi mungkin, se-mahir mungkin dan se-setia mungkin di
bidang itu. Karena bisnis itu membutuhkan orang yang melayani dengan
sungguh-sungguh di satu bidang yang sangat dikuasainya.
Q : Lalu bagaimana sebuah Event Organizer memiliki nama ?
A
: Memasarkan nama (branding) merupakan suatu hasil dari proses alamiah.
Dalam bisnis Event Organizer yang terpenting adalah bukti akan
kemampuan melayani orang lain daripada nama yang dibangun melalui biaya
iklan. Dengan demikian berarti harus melalui proses bertahap.
Konsistensi & persistent adalah kata yang tepat dalam memasarkan
sebuah Event Organizer.
Q : Bagaimana meningkatkan brand sebuah Event Organizer dengan lebih cepat?
A
: Ada dua cara. Pertama, menunggu order untuk menyelenggarakan event
yang dilaksanakan oleh kontraktornya. Kedua, menciptakan event sendiri.
Agar sebuah brand Event Organizer cepat terangkat (meskipun tidak
dijamin 100%) , menciptakan sebuah event sendiri akan jauh lebih cepat
meningkatkan brand sebuah Event Organizer dibandingkan hanya menunggu
bola (kecuali sebuah Event Organizer memang telah memiliki network yang
luas). Seperti halnya Ravioli Event Organizer. Pada awalnya kami
mengadakan event dengan scope lebih kecil, seperti seminar, private
party , dan sebagainya.
Q : Apa syarat-syarat sebuah Event Organizer boleh dikatakan sebagai bisnis yang profesional ?
A
: Event Organizer yang mendatangkan hasil bagi orang yang membutuhkan
pengelolaan acara. Bisa mendatangkan keuntungan atau setidaknya
menciptakan citra yang baik. Pada prinsipnya Event Organizer berfungsi
mempermudah konsumen mewujudkan acara sesuai ide atau kebutuhannya.
Q : Apa yang perlu dicermati dalam memilih sebuah Event Organizer?
A
: Dalam memilih sebuah Event Organizer ada beberapa hal yang perlu
diperhatikan. Pertama, pastikan dulu kemampuan Event Organizer tersebut ,
seperti apakah Event Organizer tersebut mengenal sekali cara-cara
membuat orang ? terkenal, memiliki akses-akses ke tempat-tempat promosi
atau kapasitas-kapasitas promosi perusahaan yang baik. Apakah punya
akses ke radio, TV atau koran dengan baik. Kemudian apakah mereka punya
akses yang baik ke hotel-hotel atau tempat-tempat penyelenggaraan acara
lainnya. Apakah mereka punya orang-orang yang berwenang dalam bidang
perijinan.
Kedua, lihatlah cara pendekatannya, taste / seleranya,
apakah mereka bisa mewakili citra bisnis yang baik, apakah mereka
berada pada level propinsi atau nasional. Banyak hal yang perlu
diperhatikan karena pemilihan suatu Event Organizer mempengaruhi citra
perusahaan yang memakai jasanya. Untuk membangun citra , selain
profesionalisme dan integritas ,adalah kredibilitas , kualitas yang
terbuktikan karena pemakaian berulang-ulang . sumber
No comments:
Post a Comment